Ada beberapa strategi mempertahankan pelanggan.
Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan. Beberapa
perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang sama, tetapi strategi yang dipakai
untuk mencapai tujuan tersebut dapat berbeda. Jadi, strategi dibuat berdasarkan
suatu tujuan. Strategi pemasaran yang
berhasil umumnya ditentukan dari satu atau beberapa variabel marketing mix-nya.
Jadi perusahaan dapat mengembangkan atau mengkombinasikan variabel tersebut ke
dalam suatu rencana strategis yang menyeluruh.
Perusahaan yang berpusat pada pelanggan adalah
sebuah perusahaan yang memfokuskan pada pengembangan pelanggan dalam merancang
strategi pemasaran dan menyerahkan nilai superior kepada pelanggan
sasarannya. Bukanlah hal yang mudah
untuk mempertahankan pelanggan.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempertahankan
pelanggan, (Daryanto, 2011) yaitu:
Biaya kehilangan pelanggan
Empat tahap untuk menganalisis biaya kehilangan pelanggan:
- Perusahaan perlu menetapkan dan mengukur tingkat bertahannya
pelanggan
- Perusahaan harus membedakan berbagai
penyebab hilangnya pelanggan dan menentukan penyebab mana yang bias dikelola
dengan baik
- Perusahaan harus memperkirakan kehilangan
keuntungan dari pelanaggan yang hilang
- Perusahaan perlu menghitung berapa biaya
untuk mengurangi tingkat kehilangan pelanggan
Perlunya mempertahankan pelanggan
Karena biaya untuk menarik pelanggan baru
sangat mahal
Cara mempertahankan pelanggan
- Menyulitkan pembeli untuk berganti
pemasok
- Memberikan kepuasan pelanggan yang tinggi
Selamat Datang di Penulispedia.
Tinggalkan jejak anda dikomentar ini.
"Tolak ukur kesuksesan manusia ,diukur dari Bangitnya manusia dari kegagalan"